Sunday, November 1, 2015

Tips Ngeblog Dari Curhatan Blogger

Gue lagi bete ni sob, bete karena jam kerja mata ngantuk. Hahaha...

Ya, dari pada gue bete enggak jelas mending gue curhat aja ya? Gue mau curhat tentang pahit manisnya jadi blogger.

Jadi blogger itu, salah satu keinginan gue. Kenapa gue pengen jadi blogger? Karena meskipun enggak di kenal orang, paling tidak orang lain nyari tulisan gue gitu. Itu tuh rasanya kaya lu lagi di gilain sama cewek-cewek, mungkin lebih dari itu ya? Karena bila tulisan kita bermanfaat bagi orang banyak itu sama artinya kita bisa berbagi ilmu dan kebahagiaan dengan orang lain.
Sebenarnya, gue mau bikin blog tentang tutorial gitu. Tapi gue pikir udah banyak bahkan kelihatannya bagus-bagus, gue sih pesimis enggak bisa nyaingin. Akhirnya gue mutusin bikin blog ya alakadarnya aja, alakadarnya itu berupa apa yang gue pikirin dan apa yang ingin gue tulis.

Berhubung dulu waktu masih sekolah gue dapat nilai yang lumayan bagus saat dapat tugas mengarang bebas, jadi gue coba nulis tentang cerpen, cerita lucu, dan kegelisahan gue. Tapi, gue sendiri nulis itu juga karena satu tujuan, ya mungkin tulisannya berupa cerpen alay gitu, tapi gue berusaha masukkin sesuatu yang berharga, yang bisa jadi pembelajaran bagi pembacanya.

Ngomong-ngomong soal Blogger, siapa sih yang enggak mau dapat duit dari blognya? Mungkin 90% para blogger membuat blog tujuannya sebagai usaha sampingan. Contohnya aja, setiap gue browsing pasti nemuin adsense di blog itu. Gue hargain si usahanya, ya gue juga mau kaya gitu apa lagi lihat blog yang udah mapan jadi ngiri. Tapi ya, menurut gue sah-sah aja si kalau para blogger pengen ngasilin duit. Ya bayangin aja, dia nulis capek-capek, screen shoot ini itu agar pengunjung bisa dengan mudah memahami kontennya tapi enggak dapet apa-apa, cuma dapet pahala. Ya paling tidak, biarpun enggak dapet duit dari pengunjung setidaknya dapet duit dari pengiklan.

Ngomongin soal iklan, gue paling benci ama blog yang isinya iklaaaaan mulu. Gue jadi bertanya-tanya gitu, dia bikin blog sebenarnya tentang apa? Kalau tentang iklan sih enggak masalah ya, ini mah tentang tutorial gitu. Gue pernah ya berkunjung ke sebuah blog tentang tutorial pasang custom rom, apalah itu alamatnya, gue juga udah lupa. Ya kalian bayangin aja, pas mau baca artikelnya yang muncul malah iklan, udah gitu secara tiba-tiba gue di bawa ke play store suruh download tuh iklan. Pas gue balik lagi malah ada pemberitahuan bahwa ponsel gue terserang virus dan akan menyebabkan system ponsel gue rusak. Gue coba pencet tombol kembali tapi enggak bisa-bisa, akhirnya gue download tuh iklan. Eehh... Pas udah di download balik ke alamat itu lagi, tetep sama. Kan itu menipu namanya, akhirnya gue tinggalin tuh blog dan nyari blog lain yang lebih friendly. Menurut gue, itu tuh mubazir, dia udah capek-capek nulis artikel dan berhasil di urutan pertama tapi sia-sia hanya karena ingin dapat recehan. Akhirnya artikelnya tidak di baca dan di tinggalkan pengunjung.

Bagi kalian yang masih newbie kaya gue, gue kasih tips menjadi blogger profesional. Tipsnya sederhana, yaitu:

Bila kalian ingin jadi blogger, jangan terpengaruh dengan yang namanya cepet ngasilin duit. Itu cuma bikin kalian capek, kalian nulis capek-capek, tapi enggak ada iklan yang nawarin karena sepi pengunjung. Saya saranin tetaplah menulis, anggap saja kalian menulis diari, itu akan membuat kalian nyaman dalam menulis. Google adsense juga bilang kan, jangan terlalu di pikirin soal iklan, tulislah konten yang menarik nanti juga kalau sudah waktunya mah adsense juga nawarin. Kalau kalian fokus dengan pengen ngasilin duit dari blog, maka kalian akan menyerah sebelum mimpi kalian terkabul.

Yang berikutnya, jangan berharap artikel kita nongol di atas, asal bisa terindeks google saja itu sudah cukup, bagi gue pribadi. Karena apa? Kalau kita ingin artikel kita nongol di urutan paling atas, tentu kita harus bisa ilmu SEO, sedangkan kita newbie, dan artikel kita pasti kalah telak dengan para master, itu secara logika ya. Kalau kita ingin artikel kita muncul di urutan pertama, kalian cukup menulis artikel yang berkualitas, lain dari pada yang lain dan asli hasil karya kamu sendiri, karena persaingan makin ketat. Kalian tulis aja berdasarkan hati nurani kalian, cukup promosikan ke Google+, dan medsos lainnya. Jika banyak yang baca maka dengan sendirinya artikel kalian naik pesat tanpa belajar ilmu SEO.

Tips lainnya, masalah iklan jangan terlalu di pikirin seperti poin di atas. Catatan: kalau blog kalian dapat tawaran iklan, jangan pasang harga yang mahal dulu! Karena bisa-bisa blog kalian di sebut sebagai mata duitan, yang murah sajalah dulu. Dengan tanda kutip "pasang iklan cukup iklan banner saja" biar blog kita masih friendly. Kalau ada yang nawarin iklan lagi, baru deh kita pasang harga yang lebih tinggi, soalnya itu bertanda blog kita sudah banyak yang lirik. Jangan takut di tinggalin advertiser, karena blog kita banyak yang nyari, para pengiklan pasti akan bernegosiasi dengan blog kita agar iklannya tampil di blog kita. Catatan lagi: jangan sampai iklan mengganggu pengunjung, ingat! Pengunjung harus di manjakan agar betah berkunjung ke blog kita lagi.

Ok, itu saja curhatan dari gue dan tips mengenai ngeblog. Gue juga belum profesional ya. Apa bila ada salah kata atau gue sok tau ya, gue mohon maaf.

Selamat sore dan selamat bersantai...

No comments:

Post a Comment